Jakarta – Berdasarkan interaksi dengan nasabah usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), PT Bank Jago Tbk melihat bahwa salah satu tantangan dalam mengembangkan usaha adalah pengelolaan keuangan yang baik.

Contoh tantangan yang dihadapi sehari-hari, antara lain memisahkan dana usaha dengan dana pribadi, rekonsiliasi hasil penjualan yang kerap terbagi di berbagai rekening bank yang berbeda, dan pengelolaan budget pengeluaran.

“Bank Jago mendengarkan tantangan finansial yang dihadapi masyarakat, tak terkecuali di kalangan pelaku UMKM dan khususnya merchant di dalam ekosistem digital. Maka kami memperkenalkan Aplikasi Jago sebagai alat mengelola keuangan bisnis yang mudah dan bebas biaya,” kata Head of Merchant Business Bank Jago Vincent C. Soegianto dikutip Minggu, 2 Juli 2023.

Sejak 2022, Bank Jago membuka akses bagi pengusaha UMKM, termasuk secara khusus untuk merchant e-commerce. Melalui akses ini, mereka mendapatkan fasilitas gratis biaya administrasi bulanan, gratis biaya transfer, gratis biaya tarik tunai di seluruh ATM, bunga simpanan yang kompetitif, dan yang paling penting adalah fasilitas penarikan hasil penjualan di hari yang sama (same day pay out) untuk nasabah terpilih.  

Dari survei yang dilakukan pada akhir Maret 2023 terhadap 2.000 pengguna Bank Jago yang merupakan merchant e-commerce, Bank Jago mendapatkan masukan bahwa fitur utama yang paling berguna adalah mengelola keuangan usaha menggunakan Kantong Jago sehingga mereka dapat dapat mengatur arus kas (cash flow) dan memisahkan keuangan pribadi dan usaha dengan mudah.

Salah satu mitra usaha merchant yang telah merasakan manfaat ini adalah Satria S. Alim, pemilik usaha minuman kelapa muda dan produk olahan kelapa muda, Ratu Degan Indonesia. 

Sejak menggunakan Aplikasi Jago untuk mengelola keuangan usahanya, Satria merasakan perubahan yang lebih baik dalam perencanaan dan proses operasional harian yang dijalankannya.

“Saya menemukan Bank Jago dari platform jualan makanan online. Di Bank Jago ada fitur yang sangat spesial buat saya, mulai gratis transfer sampai Kantong sehingga kita tidak perlu buka banyak rekening,” ungkap Satria. 

Baginya, fitur Kantong pada Aplikasi Jago memudahkan untuk memisah-misahkan uang untuk berbagai tujuan, seperti keuangan pribadi, gaji karyawan, membayar pemasok (supplier), serta keperluan lain. (*)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *