Jakarta – Emiten teknologi PT WIR Asia Tbk (WIR Group) mencatakan kenaikan pendapatan hingga 106,70% year on year (yoy), atau menjadi Rp622,29 miliar pada kuartal I-2023. Kenaikan ini ditopang ekspansi pendapatan berulang (recurring income) melalui platform solusi bisnis software as a service (SaaS).

Kenaikan pendapatan turut mendongkrak perolehan laba perseroan. Di tiga bulan pertama 2023, WIR Group tercatat mengantongi laba komprehensif sebesar Rp24,96 miliar, atau naik 70,49% dibandingkan Rp14,64 miliar di periode sama tahun sebelumnya.

Performa bisnis ini sejalan dengan makin meningkatnya tren penggunaan platform teknologi berbasis augmented reality (AR), virtual reality (VR), dan artificial intelligence (AI), yang menjadi spesialis WIR Group sejak didirikan pada 2009 lalu. Pertumbuhan pendapatan di tiga bulan pertama 2023 ini melanjutkan kinerja positif yang dicatatkan sepanjang 2022 lalu, di mana perseroan membukukan kenaikan pendapatan hingga 179,84%.

“Hal ini terjadi berkat ekspansi pendapatan recurring Perseroan melalui platform solusi bisnis SaaS yang menggunakan teknologi imersif dengan fitur AR, VR, dan AI. Peningkatan kinerja ini menunjukkan fokus manajemen dalam menjalankan strategi pertumbuhan yang holistik atas seluruh unit bisnis,” papar Direktur Utama WIR Group, Michael Budi, dalam RUPST dan public expose WIR Group yang digelar di Jakarta, Jum’at, 9 Juni 2023.

Menurut Michael, kemunculan berbagai inovasi teknologi terkait mixed reality yang dikeluarkan sejumlah perusahaan teknologi dunia membuat WIR Group yakin bahwa teknologi imersif dan interaktif akan menjadi kebutuhan di masa depan. Perseroan juga melihat tren inovasi ini sebagai peluang baru untuk memperluas strategi solusi teknologinya. WIR Group terus berupaya menawarkan solusi teknologi yang inovatif dan berguna melalui teknologi terbaru guna menjawab kebutuhan mitra bisnisnya.

“Dengan era AI yang saat ini tengah menggeliat, WIR Group juga telah memberikan berbagai solusi bisnis kepada seluruh industri untuk menjawab tantangan pasar terkait teknologi masa depan. Pengembangan teknologi berbasis AI diharapkan mampu menciptakan peluang usaha baru dan menciptakan optimasi performa bisnis yang akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi di Indonesia sehingga dapat bersaing secara global,” imbuhnya.

WIR Group dapat membantu mitra bisnisnya beradaptasi dengan perilaku konsumen dan alur bisnis di era digital yang makin kompetitif. Mak aitu, inklusivitas menjadi kata kunci di WIR Group, khususnya dalam mengembangkan teknologi yang berbasis AR, VR, dan AI, penerapan AR dalam produk–produk WIR Group diharapkan bisa diterapkan ke dalam berbagai gawai – tidak hanya yang high end namun juga low end. (*) Ari Astriawan

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *