Jakarta – Head of Macroeconomic & Financial Market Research Bank Mandiri, Dian Ayu Yustina, menyatakan bahwa terdapat sejumlah tahapan untuk generasi milenial menuju financial freedom atau kebebasan finansial.

Hal tersebut disampaikan oleh Dian dalam kegiatan Financial Literacy Roadshow dengan tema ‘Visi Indonesia Emas 2045: Milenial Melek Keuangan, Cari Cuan, dan Aman’ yang digelar Infobank Digital bersama FEB UI, di Depok, Jawa Barat, 6 September 2023.

Baca juga: Ekonom Bank Mandiri Ungkap Rahasia Investasi untuk Kaum Milenial, Dijamin Cuan!

“Tapi ini ada stagesnya (langkah), mungkin yang pertama adalah kita survival ya, uangnya, income-nya full untuk makanan,” ucap Dian.

Kemudian, langkah kedua yang dapat dilakukan oleh generasi milenial untuk menuju financial freedom adalah mulai menyisihkan pendapatan untuk menabung di luar dari pengeluaran pokok.

“Kita harus menyisihkan dari income kita di luar dari pengeluaran bahan pokok atau bahan makanan sehari-hari cost of living kita harus ada tabungannya dan tabungannya yang nantinya akan dikelola,” imbuhnya.

Lebih Lanjut, Dian menjelaskan, setelah generasi milenial telah mampu mengelola keuangannya untuk ditabung, langkah yang dapat dilakukan adalah melakukan investasi dari tabungan tersebut.

Baca juga: Milenial Wajib Tahu! Perhatikan Ini Dulu Sebelum Investasi Kripto

“Cuma untuk mengarah ke financial freedom yang paling atas kita harus bisa memilah-milah berapa porsi untuk keperluan kehidupan kita, berapa porsi untuk ditabung ataupun dana darurat, berapa porsi yang harus kita investasikan dan dengan dana yang diinvestasikan ini akan mendorong kita maju ke tahap berikutnya,” ujar Dian.

Adapun, setelah langkah investasi tersebut dilakukan secara bertahap, nantinya dana hasil investasi itu akan membantu para generasi milenial mencapai financial freedom. (*)

Editor: Galih Pratama

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *