Jakarta – PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat, sebanyak 164.128 kendaraan masuk ke Jabotabek pada H+1 Hari Raya Iduladha 1444H/2023. 

Angka tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari empat Gerbang Tol (GT) Utama, yaitu GT Cikupa (dari arah Merak), GT Ciawi (dari arah Puncak), dan GT Cikampek Utama (dari arah Trans Jawa) dan GT Kalihurip Utama (dari arah Bandung). 

Total volume lalin yang masuk ke wilayah Jabotabek ini melonjak sebanyak 19,81% jika dibandingkan lalu lintas normal.

Adapun, untuk distribusi lalu lintas masuk ke Jabotabek dari ketiga arah yaitu mayoritas sebanyak 78.791 kendaraan (48,01%) dari arah Timur (Trans Jawa dan Bandung), 45.683 kendaraan (27,83%) dari arah Barat (Merak), dan 39.654 kendaraan (24,16%) dari arah Selatan (Puncak). Adapun rincian distribusi lalin sebagai berikut:

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana mengatakan, pada H+1 Hari Raya Iduladha 1444H, Jumat, (30/6, apabila dibandingkan dengan lalin normal, persentase lalu lintas yang masuk ke Jabotabek tercatat lebih tinggi jika dibandingkan dengan lalin yang keluar Jabotabek. 

“Namun untuk lalin keluar Jabotabek juga masih ada peningkatan, tercatat sebanyak 171.470 kendaraan keluar Jabotabek, meningkat sebesar 10,61% dari lalu lintas normal,” jelasnya, dikutip Sabtu, 1 Juni 2023.

Pihaknya pun mengimbau kepada pengguna jalan untuk mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol. Selain itu, pastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima.

“Pastikan juga kecukupan BBM dan saldo uang elektronik serta mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas,” pungkasnya. (*)

Editor: Galih Pratama

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *