Jakarta – Ikatan Bankir Indonesia (IBI) menyetujui pemilihan tim formatur untuk menyusun anggota, badan pengurus dan badan pengawas IBI periode 2023 – 2027 mendatang.

Ketua Umum Ikatan Bankir Indonesia (IBI), Haryanto T. Budiman mengatakan, hal ini sesuai dengan tata tertib dan anggaran rumah tangga IBI.

“Sesuai dengan tata tertib dan anggaran rumah tangga IBI, anggota tim formatur berjumlah 3 orang,” ujar Haryanto dalam Rapat Umum Anggota IBI 2023, Selasa 4 Juli 2023.

Adapun nama komisaris PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) Agus D. W. Martowardojo diusulkan sebagai Ketua tim formatur merangkap sebagai anggota. Kemudian, IBI juga merekomendasikan bos PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) yakni Jahja Setiaatmadja dan bos PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) Darmawan Junaidi sebagai anggota tim formatur.

Baca juga: OJK Benarkan Utang Pinjol Warga DKI Rp10,5 T, Tertinggi di Daerah Ini

Apakah kiranya Bapak /Ibu/anggota dan hadirin yang kami hormati dapat menyetujui usulan kami secara musyawarah untuk mufakat?, tanya Ketua Umum IBI. “Setuju,” jawab Anggota IBI.

“Oleh karena tidak ada yang berkeberatan dapat disimpulkan bahwa rapat menyetujui usulan tim formatur secara musyawarah dan mufakat,” tegas Haryanto.

Haryanto pun menambahkan, hingga 30 Agustus 2023, tim formatur bertugas untuk membentuk badan pengurus dan badan pengawas IBI dan akan berakhir setelah ditetapkannya pengurus dan pengawas.

“Para pengurus dan pengawas pada masa tersebut memiliki status bersifat demisioner,  dimana tidak memiliki kekuasaan untuk memberikan kebijakan, namun tetap menjalankan tugas sehari-harinya,” ucapnya.

Nama Haryanto T. Budiman digadang-gadang menjadi calon kuat untuk dipilih kembali menjadi Ketua IBI untuk periode 2023-2027. Apalagi, Haryanto yang memiliki peran besar di industri perbankan tanah air, menjadi sosok paling pantas untuk memimpin IBI. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *