Jakarta – Bijak Memilih, sebuah gerakan independen edukasi politik yang diinisiasi oleh Think Policy dan What Is Up, Indonesia? (WIUI) menggelar Festival Pemilu 2024, Minggu (28/1).

Acara tersebut menghadirkan beragam kegiatan interaktif mulai dari mengajak orang muda memahami isu yang dipedulikan, mengenali partai politik lebih dekat, dan mempelajari gagasan kandidat dengan cara yang lebih seru agar mereka bisa berpikir kritis sebelum menentukan pilihan. 

Co-inisiator Bijak Memilih dan CEO Think Policy Andhyta Firselly Utami menjelaskan, pihaknya tidak hanya memberikan wadah bagi orang muda untuk memahami dinamika dan pentingnya pemilihan eksekutif, tetapi juga untuk lebih memahami pemilihan legislatif. 

Kegiatan interaktif tersebut dikemas dalam empat mata acara, yaitu Adu Ide, Speed Dating bersama Caleg, Kepoin Partai, dan Game Session bersama para Tim Sukses Pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden. 

Kehadiran 18 partai politik nasional dan perwakilan timses ketiga paslon pada Festival Pemilu  merupakan bentuk konkrit edukasi politik dan pemilu oleh partai politik yang berkontestasi pada Pemilu 2024. 

“Sesi-sesi seperti ‘Kepoin Partai’ dan ‘Speed Dating dengan Caleg’ memberikan kesempatan unik bagi generasi muda untuk lebih mengenal partai politik serta calon legislatif, memperluas wawasan politik mereka, dan menyadari peran penting mereka dalam proses demokrasi,” katanya, dikutip Minggu, 28 Januari 2024. 

Baca juga: Belajar dari Kasus 2019, Pemerintah Diminta Fasilitasi Anggota KPPS Pemilu 2024 Dengan BPJS Ketenagakerjaan

Selain itu, sesi ‘Game Night bersama Timses’ diharapkan dapat menjadi kesempatan unik dan menyenangkan bagi orang muda untuk mempelajari gagasan dan rekam jejak dari para paslon pemilu 2024.” 

Komisioner Komisi Pemilihan Umum August Mellaz mengapresiasi inisiatif Bijak Memilih dalam menyelenggarakan Festival Pemilu. Menurutnya, Bijak Memilih merupakan mitra strategis KPU dalam melakukan edukasi dan sosialisasi tentang Pemilu 2024. 

“Kami mengapresiasi upaya organisasi seperti Bijak Memilih yang berhasil menghadirkan langsung 18 partai ke dalam acara ini,” jelasnya.

Pihaknya mendukung penuh kegiatan Festival Pemilu karena keberhasilannya membantu publik lebih tau dengan visi misi dan program-program baik dari partai politik maupun calon presiden dan calon wakil presiden. 

“Kegiatan ini adalah bukti bahwa orang muda itu tidak apatis terhadap politik dan menunjukkan pentingnya suara orang muda pada tanggal 14 Februari 2024.” ujar tambahnya saat memberikan sambutan kunci di Festival Pemilu 2024.

Hadirkan Fase Ketiga Bijak Memilih untuk Kenali Calon Presiden 

Setelah sukses menghadirkan informasi lengkap mengenal partai lebih mudah September 2023 lalu, di Festival Pemilu ini Bijak Memilih juga memperkenalkan fitur baru yang menampilkan komparasi gagasan calon presiden dan wakil presiden terhadap isu para kandidat presiden dan wakil presiden di https://www.bijakmemilih.id/. 

Tak sampai di situ, rangkuman debat calon presiden dan calon wakil presiden juga dapat diakses di platform ini. Fitur baru ini merupakan hasil kerjasama Bijak Memilih bersama dua belas organisasi mitra dan pakar riset.

Selain mempelajari langsung partai politik dan calon presiden, Bijak Memilih turut menghadirkan crash course singkat melalui “Pemilu 101” untuk lebih memahami pemilu, lembaga negara, dan partai politik menjelang Pemilu 2024. Hal ini ditujukkan bagi pemilih pemula yang masih minim informasi sehingga terhindar dari misinformasi.

Co-inisiator Bijak Memilih dan Co-Founder What Is Up, Indonesia? Abigail Limuria menambahkan, pemilih pemula sangat memiliki potensi menyukseskan pelaksanaan pemilu. 

Karena itu, sejak awal tahun 2023, Bijak Memilih terus menyediakan ruang informasi independen yang mempertemukan calon pemilih agar dapat mempelajari dan saling bertukar pikiran tentang isu-isu kunci serta sikap partai terhadap isu-isu tersebut. 

Baca juga: Kapan Pencairan Gaji KPPS Pemilu 2024? Simak Tanggalnya

Kini, hadirnya rekam jejak calon presiden bisa semakin menambah pengetahuan calon pemilih tentang siapa calon presiden yang akan dipilihnya. 

“Kami berharap kemudahan dan kelengkapan informasi yang dihadirkan dalam Bijak Memilih bisa membuat orang mudah semakin bijak dalam memilih,” bebernya.

Sekadar informasi, Festival Pemilu turut menghadirkan 18 partai politik nasional peserta Pemilu 2024 hingga perwakilan Tim Sukses Pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Pemilu 2024. 

Tim Nasional Anies-Muhaimin dijadwalkan akan diwakili oleh Thomas Lembong, Leontius Edison, dan Mutiara Baswedan. 

Adapun Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran dihadiri oleh Arief Rosyid, Rian Ernest, Astrio Feligent, dan Zebi Magnolia. 

Terakhir, tim Pemenangan Nasional Ganjar-Mahfud diwakili oleh Satya Heragandhi, Pangeran Siahaan, dan Alam Ganjar. (*)

Editor: Galih Pratama

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *