Jakarta – Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka kembali melanggar aturan dalam debat Cawapres dengan menggunakan istilah kata singkatan.

Kali ini Ia menggunakan istilah RMU atau Rice Milling Unit dan Greenflation atau yang dimaksud dengan Green Inflation (inflasi hijau).

Hal ini dikemukakan saat Gibran melayangkan pertanyaan kepada Cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar dan Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD.

Dalam menanggapi jawaban Cawapres nomor urut 1 yakni, strategi paslon hadapi dampak perubahan iklim terhadap gizi pangan. Gibran menggunakan singkatan RMU. 

Baca juga: Menang Pilpres 2024, Gibran Janji Naikkan Anggaran Dana Desa

Gibran mengatakan, kunci untuk menghadapi perubahan iklim terhadap gizi pangan adalah adalah ekstensifikasi dan intensifikasi lahan. Dimana ini telah dilakukan pada pemerintahan yang saat ini dipimpin oleh ayahnya, Presiden Joko Widodo dalam membangun pabrik pupuk di Fakfak, Papua Barat.

“Kuncinya pupuk, dan pupuk harus didekatkan dengan lahan pertanian, otomatis produktivitas akan meningkat dan jangan lupa mekanisasi. Kita pengin meningkatkan produktivitas para petani pakai RMU, pakai combine harvester,” kata Gibran dalam debat Cawapres keempat, Minggu 21 Januari 2024.

Kemudian, dalam melayangkan pertanyaan kepada Cawapres nomor urut 3, Gibran menggunakan istilah Greenflation dengan pertanyaan singkat.

“Bagaimana cara mengatasi greenflation? terima kasih,” kata Gibran.

Atas tindakannya, cawapres nomor urut 2 ini mendapatkan teguran dari moderator debat. Moderator mengingatkan Gibran untuk menjelaskan terminologi atau singkatan yang diucapkan, termasuk mengingatkan waktu yang tersisa untuk bertanya masih cukup panjang.

“Masih ada waktu, bapak Gibran, kami sampaikan kembali, terminologi atau singkatan mohon untuk dijelaskan. Masih ada waktu, silahkan dilanjutkan,” jelas Moderator.

Baca juga: Debat Keempat Pilpres, Gibran Tegaskan Akan Lanjutkan dan Perluas Hilirisasi Jokowi

Menanggapi hal tersebut, Gibran berkelakar dengan mengatakan bahwa Mahfud MD merupakan seorang Profesor. Serta, melanjutkan arti dari singkatan yang dia layangkan. 

“Enggak, tunggu. Ini tadi enggak saya jelaskan karena kan beliau kan seorang Profesor. Oke, greenflation ini adalah inflasi hijau, sesimple itu,” ungkap Gibran.

Sebelumnya, KPU telah mengevaluasi dalam penggunaan kata singkatan di saat debat cawapres. Dalam hal ini, KPU mengharuskan Capres dan Cawapres yang ingin menggunakan singkatan untuk menyertakan arti dari kepanjangannya. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *