Jakarta – Sejumlah tokoh nasional Indonesia kompak menyuarakan dukungan solidaritas kepada Palestina yang hingga kini masih dibombardir tentara zionis Israel di jalur Gaza. 

Hal ini terlihat dari partisipasi mereka dalam acara ‘Aksi Damai Bela Palestina’ yang dihadiri puluhan ribu massa di Monas, Jakarta Pusat, Minggu (5/11), pukul 06.00 – 10.00 WIB. 

Baca juga: Jokowi Kirim Bantuan Kemanusian untuk Palestina, Segini Totalnya

Para tokoh nasional yang datang antara lain Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy hingga Imam Besar Masjid Istiqlal KH. Nasaruddin Umar.

Selain itu, Ketua DPR Puan Maharani dan mantan wakil presiden Jusuf Kalla. Terlihat pula calon presiden Anies Baswedan dengan sang istri Fery Farhati dan Presiden PKS Ahmad Syaikhu.

Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah KH Cholil Nafis mengatakan, para nasional yang hadir menandakan bentuk dukungan solidaritas terhadap Palestina.

Baca juga: Selain Semangka, Deretan Buah Ini jadi Simbolis Perlawanan Palestina

MUI sendiri sebelumnya mengajak masyarakat untuk hadir dalam aksi bela Palestina tersebut. Namun, MUI melarang adanya atribut partai politik hingga bendera-bendera organisasi masyarakat. MUI juga tidak memperbolehkan adanya atribut yang provokatif.

“Jangan membawa atribut partai, dan atribut provokatif. Tidak boleh ada bendera yang sudah dilarang oleh pemerintah Indonesia,” tegasnya. (*)

Editor: Galih Pratama

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *