Jakarta – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan jumlah pagu indikatif tahun anggaran 2024 Kemenparekraf sebesar Rp3.419.987.309.000.

“Pagu indikatif ini mengalami kenaikan dibanding Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) tahun 2023 yang berjumlah Rp3.381.345.168.000,” ungkap Sandiaga dikutip Jumat, 2 Mei 2023.

Meski kenaikannya hanya 1,14%, lanjut Sandiaga, Kemenparekraf memanfaatkan pagu indikatif 2024 dengan terobosan-terobosan dan inovasi yang maksimal untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Kita perlu terobosan-terobosan dan inovasi agar SDM kita itu tidak terdegradasi, karena keunggulan pariwisata kita itu ada di SDM. Oleh karena itu, saya pastikan di sini dengan anggaran yang penuh tantangan ini kami akan bekerja keras memastikan kualitas SDM kita bukan terdegradasi tapi justru mengalami peningkatan dan kita akan melakukannya melalui inovasi, adaptasi, dan kolaborasi,” katanya.

Proporsi prioritas nasional program parekraf pada 2024 memiliki porsi 60,5%, sedangkan pada tahun 2023 sebesar 52,3%.

Adapun tema Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2024 adalah mempercepat transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan dengan prioritas nasional (PN) terkait dengan parekraf adalah memperkuat ketahanan ekonomi untuk pertumbuhan yang berkualitas dan berkeadilan serta meningkatkan sumber daya manusia berkualitas dan berdaya saing.

Sementara, Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda selaku pimpinan rapat mengatakan pendalaman materi akan dilakukan dengan Kemenparekraf terkait penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Negara/Lembaga (RKA K/L) dan Rencana Kerja Pemerintah tahun anggaran 2024. (*)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *