Jakarta – Menciptakan pemimpin dari dalam perusahaan sendiri adalah hal yang membawa banyak manfaat dan keuntungan bagi sebuah bisnis. Oleh karena itu, perusahaan di Indonesia didorong untuk bisa menciptakan pemimpin-pemimpin masa depan dari dalam perusahaannya.

Beberapa perusahaan di Indonesia pun telah menciptakan pemimpin-pemimpin yang sangat andal dan mampu berinovasi. Pola pikir untuk berkembang dan terus belajar pun menjadi salah satu kriteria dasar yang harus dimiliki seorang pemimpin dalam menghadapi kondisi yang penuh dengan perubahan.

Baca juga: Membangun Manusia (Pemimpin) Berkarakter

Selain itu, pemimpin pada era saat ini harus terus mengasah diri dengan mencari informasi dan pengetahuan baru dalam rangka meningkatkan keterampilan. Komitmen seorang pemimpin untuk belajar juga dapat menginspirasi tim dan mendorong budaya inovasi di sebuah organisasi.

“Tak hanya menyiapkan program suksesor untuk mendapatkan pemimpin dari dalam, tetapi beberapa diantaranya juga sekaligus berhasil membangun organisasi kerja dengan environment yang lebih agile (lincah) sehingga bisa dengan cepat mengikuti perubahan,” ujar Managing Director NBO Indonesia, Susana Hartawan dikutip 3 Desember 2023.

Untuk mendorong perusahaan terus menciptakan pemimpin-pemimpin masa depan dari dalam perusahaannya, ‘Indonesia Best Companies in Creating Leaders From Within Award 2023′ pun digelar. Ajang penghargaan bergengsi ini memasuki tahun ke-9 sejak pertama kali diselenggarakan pada 2014 lalu.

Para pemenang Indonesia Best Companies in Creating Leaders From Within Award 2023 diantaranya adalah PT Bank Danamon Indonesia Tbk, PT Bank Central Asia Tbk, PT Lion Super Indo, TechConnect, PT Prudential Life Assurance, PT Trakindo Utama, PT Agung Automall, Dompet Dhuafa, PT Kereta Api Indonesia (Persero), PT Jakarta Propertindo (Perseroda), PT Erajaya Swasembada Tbk, PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk, PT Bank CIMB Niaga Tbk, PT Triputra Investindo Arya, DANA Indonesia (PT Espay Debit Indonesia Koe).

Baca juga: Jokowi: Pemimpin Harus Berani dan Punya Public Trust

NBO juga memberikan NBO Award kepada beberapa perusahaan yang berhasil dalam membangun tata kelola SDM dengan strateginya masing-masing. Mereka adalah, Bank Indonesia Institute dan PT Bank Danamon Indonesia Tbk – Excellence in Talent Management Ecosystem Award. Kemudian, PT Pegadaian – Excellence in People Development and Strategy Award. Bank bjb – Excellence in Creative People Strategy. Terakhir, PT Amman Mineral Nusa Tenggara – Excellence in People Well-Being & Growth Award. PT Bank Danamon Indonesia Tbk juga mendapatkan penghargaan khusus dari Thomas Award.

“Kami sudah menjalankan program ini selama Sembilan tahun berturut-turut, jadi kami tidak henti mendorong perusahaan untuk terus mencipatakan pemimpin-pemimpin masa depan dari dalam perusahaannya,” tambah Kemal E.Gani. (*)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *