Jakarta – Punya liburan singkat ke luar negeri? Penang bisa menjadi destinasi primadona liburan menarik selain Kuala Lumpur yang patut Anda kunjungi. George Town, ibu kota Penang kerap menjadi tujuan pelancong wisatawan Asia.

Menariknya, George Town masuk dalam situs warisan dunia Unesco yang terkenal karena keindahannya. Di sana, Anda akan menemukan seni jalanan yang indah, rumah berwarna-warni, dan beragam kuliner lezat.

Dilansir dari website UNESCO, pertukaran budaya serta perdagangan antara wilayah barat dan timur telah berkembang di George Town selama lebih dari 500 tahun. Tak ayal, di sana telah menjadi rumah bagi populasi imigran India dan Tiongkok.

Baca juga: Perhatikan Dua Hal Penting Ini Sebelum Liburan ke Luar Negeri

Infobanknews pun pada Jumat (8/12) berkesempatan berkunjung ke George Town, Penang untuk menelusuri berbagai wisata menarik di sana. 

1. Rainbow Skywalk dan Dek Observatorium

Tujuan wisata pertama kali pertama ketika menjejakan kaki di George Town adalah berkunjung ke Rainbow Skywalk. Wisata ini terletak di titik tertinggi George Town.

Atau berada di  lantai 68, atap menara Komtar. Di sana, Infobanknews merasakan pengalaman berjalan di ketinggian.

Sementara itu, Dek Observatorium di level 65 juga dilengkapi dengan jalanan kaca yang memungkinkan setiap pengunjung menyaksikan lalu lalang kehidupan Penang dari atas ketinggian.

Mengutip dari laman thetop.com.my, Rainbow Skywalk dan juga Dek Observatorium tersedia rooftop, restoran dan lounge yang menawarkan kuliner tapas dan koktail lezat 

2. China House

China House menjadi surganya bagi pecinta kue. Sebab, di sana Infobanknews menemukan sebanyak 30 jenis kue setiap harinya dan menu masakan khas Melayu, Timur Tengah, dan western food.

Dinukil dari laman chinahouse.com.my, China House dulunya merupakan kompleks tradisional yang terdiri dari tiga bangunan dari warisan budaya.

Di mana, dihubungkan oleh halaman terbuka dan diubah menjadi 14 ruang yang terdiri dari toko, kafe, restoran, galeri, live music, dan toko roti.

3. Esplanade George Town

Esplanade George Town atau beken dengan sebutan Padang Kota Lama, menjadi ruang terbuka cukup besar yang berada di tepi pantai. 

Baca juga: Mau Liburan? Rencanakan Budget atau Destinasi Dulu? Ketahui Plus Minusnya

Dinukil malaysialife.org, pada abad ke-19, tempat tersebut pernah menjadi lokasi militer dan lapangan olahraga.

Namun kini, lokasi tersebut dipakain sebagai taman oleh penduduk Penang, lokasi pasar malam akhir pekan, serta acara besar lainnya seperti perayaan tanggal 17 Mei dan Tahun Baru Imlek. 

Menariknya, di sekitar Esplanade terdapat Balai Kota Penang, Cenotaph War Memorial, serta Fort Cornwallis. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *