Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dipastikan akan melakukan reshuffle kabinet pada besok hari, Senin 17 Juli 2023. Ada sejumlah posisi Menteri dan Wakil Menteri yang akan dilantik besok. 

Berdasarkan informasi yang beredar di media, berikut nama-nama yang diprediksi bakal mengisi posisi kabinet yang akan dilantik tersebut.

Baca juga: Reshuffle Kabinet yang Tak Lagi di Rabu Pon

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) akan diisi oleh Budi Arie Setiadi menggantikan posisi Johnny G Plate sudah tidak lagi menjabat setelah tersandung kasus korupsi dalam proyek Base Transceiver Station (BTS) BAKTI Kemenkominfo.

Kemudian Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Wamendes PDTT) akan diisi oleh Prof. Paiman Raharjo. Sementara Rosan Roeslani akan mengisi posisi Wakil Menteri BUMN.

Dengan-dengar, nantinya Rosan Roeslani akan menjadi Wamen II BUMN, dan Kartika Wirjoatmodjo menjabat sebagai Wamen I yang selama ini dipegang Pahala N Mansury. Sedangkan Pahala Mansury digeser menjadi Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu).

Selanjutnya, Gandi Sulistyanto dikabarkan akan dilantik menjadi anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres). Kemudian nama Wishnutama kembali muncul di kabinet Jokowi yang diprediksi akan mengisi posisi sebagai Dubes AS.

Baca juga: Digugat WTO, Jokowi Minta Presiden 2024 Tetap ‘Gaspol’ Hilirisasi Nikel

Sebelumnya memang sudah berhembus kencang isu reshuffle kabinet ini. Apalagi diperkuat dengan beredarnya undangan dari Mensesneg yang berisi “Menteri Sekretaris Negara mengharapkan dengan hormat kehadiran bpk/ibu/saudara pada acara Pelantikan Menteri dan Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju Sisa Jabatan Periode Tahun 2019-2024 dan Anggota Dewan Pertimbangan Presiden”.

Adapun pelantikan tersebut akan dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). (*)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *