Jakarta – Surabaya Pahlawan Jazz kembali hadir menyapa penikmat musik jazz Tanah Air di area SCBD Weekland, Jakarta Selatan, Sabtu, 8 Juli 2023.

Pertunjukkan musik bertajuk “Saturday Morning with Surabaya Pahlawan Jazz” ini memiliki konsep yang unik karena menjadikan mobil caravan sebagai panggung utamanya. Mobil caravan saat ini telah menjadi ciri khas dalam pertunjukkan musik para musisi Surabaya Pahlawan Jazz.

Founder Surabaya Pahlawan Jazz, Indah Kurnia mengatakan pertunjukkan musik berkonsep mobil caravan telah dimulai sejak 2020, saat pandemi Covid-19 sedang melanda. Kini pertunjukkan Surabaya Pahlawan Jazz tetap rutin digelar untuk menyebarkan semangat kebersamaan kepada masyarakat.

“Kami telah tampil di lebih dari 50 event di 10 kota menggunakan mobil caravan. Ramadan 2022 lalu, kami juga sempat melakukan Jazz tour di Jogja, Semarang, Solo, hingga Gunung Kidul. Pertunjukkan ini kami gelar untuk memperdengarkan musik jazz kepada masyarakat luas. Kami meyakini musik jazz bisa menjangkau semua kalangan dengan lintas genre,” katanya di lokasi acara.

Terselenggaranya acara “Saturday Morning with Surabaya Pahlawan Jazz” ini juga berkat keterlibatan Ladies Bankers, yakni komunitas para eksekutif wanita dari institusi keuangan dan perbankan.

Perwakilan Ladies Bankers sekaligus Komisaris Utama Independen Allo Bank, Aviliani mengaku senang bisa berkontribusi kegiatan tersebut. Aviliani berharap ke depannya pertunjukkan musik seperti ini dapat dilakukan secara lebih masif karena bisa mendukung ekonomi kreatif.

“Pasca pandemi, industri kreatif Indonesia saat ini memang sedang menggeliat dan menjadi salah satu sektor yang memiliki potensi besar untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia,” ujarnya.

Dukung UMKM

Tak sekadar menghibur pengunjung, pertunjukkan musik jazz ini turut menggandeng para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di bidang kuliner binaan Bank Artha Graha Internasional (AGI).

Direktur Bank Artha Graha Internasional, Indrastomo Nugroho menjelaskan bahwa AGI mengakomodir kebutuhan transaksi para pengunjung yang hadir dengan sistem pembayaran cashless.

“Sistem pembayaran cashless ini sebagai salah satu implementasi dari penerapan ekonomi berkelanjutan dan transformasi digital yang secara konsisten dilakukan oleh Bank Artha Graha Internasional,” tambah Indras.

Selain Bank Artha Graha Internasional, “Saturday Morning with Surabaya Pahlawan Jazz”, juga didukung oleh PT Rintis Sejahtera selaku pengelola Jaringan PRIMA. Senior Vice President PT Rintis Sejahtera, Apri Susanti berharap pertunjukkan musik tersebut dapat menjadi salah satu sarana mempererat persatuan bangsa.

Di samping itu, Apri menekankan keterlibatan semua pihak dalam menggerakkan ekonomi kreatif karena akan berpengaruh positif bagi pertumbuhan UMKM.

“Pertunjukkan musik seperti ini tidak hanya berdampak langsung kepada pelaku seni, tapi juga menciptakan multiplier effect khususnya kepada para pelaku usaha,” tutup Apri Susanti. (*)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *